Upaya Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Metode Glan Doman Pada Anak Kelompok B Di TK ABA Bugisan Prambanan Tahun Ajaran 2013/2014

Suryanti, Indah and , Aryati Prasetyarini M.Pd. (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Metode Glan Doman Pada Anak Kelompok B Di TK ABA Bugisan Prambanan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (725kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH__PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
lampirann.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan melalui metode gen doman pada anak kelompok B di TK ABA Bugisan Prambanan Kabupaten Klaten tahun ajaran 2013/2014. Adapun jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan subyek anak-anak TK ABA Bugisan, Prambanan, Klaten. Pembelajaran dengan permainan kartu huruf ternyata hanya menghasilkan 52% anak yang mampu mengenal huruf dengan baik. Padahal harapan guru adalah 80% dari jumlah anak yang mampu melaksanakan pembelajaran melalui metode glen doman. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan setting TK ABA Bugisan Prambana Klaten. Data tentang prilaku guru, perilaku siswa, dan situasi kelas. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan membaca permulaan anak dikumpulkan dengan metode diskriptif komparatif yaitu membandingkan jumlah persentase yang di dapat anak dengan prosentase harapan peneliti. Analisis data dengan tehnik analisis kritis untuk proses dan tehnik analisis komparatif untuk kemampuam membaca permulaan dikumpulkan melalui permainan kartu gambar. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode glen doman dengan permainan kartu gambar dapat mengembangkan kemampuam membaca permulaan pada anak di TK ABA Bugisan Prambanan Klaten terlihat pada prasiklus mencapai 33,9%, siklus I mencapai 51,75%, siklus II mencapai 82,73%. Adapun langkah-lanhkah penggunaan permainan kartu gambar yang berhasil sebagai berikut (a) menyiapkan media sebelum anak memasuki ruangan, (b) menjelaskan terlebih dahulu kegiatan yang akan dilakukan, (c) menjelaskan media yang akan digunakan, (d) mengkondisikan suasa yang menyenangkan dan memberi variasi kegiatan yang penunjang,(e) menyebutkan kartu gambar yang di tunjuk oleh guru, mengambil kartu gambar dan dapat menyebutkan kartu gambar dengan lancar (f) menugaskan anak secara individu dengan lembar kerja anak, (g) memberi motivasi anak yang belum mampu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuam membaca permulaan , permainan kartu gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 14 Nov 2013 12:33
Last Modified: 01 Nov 2021 03:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26742

Actions (login required)

View Item View Item