Ismiyatun, Ismiyatun and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, M.H. (2013) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Melalui Metode Bercerita Dongeng Di Kelompok B TK Aisyiyah Plosowangi Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (265kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (5kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (5kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (149kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian dilaksanakan karena kemampuan kecerdasan emosional anak di Kelompok B TK Aisyiyah Plosowangi masih rendah, yaitu dalam hal mengenali kesadaran diri, mengelola emosi, memanfaatkan emosi secara produktif, empati dan membina hubungan. Faktor yang menyebabkan adalah pembelajaran kecerdasan emosional kurang mendapat perhatian dan kurang adanya pelatihan-pelatihan serta bimbingan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan tujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional melalui metode bercerita dongeng di Kelompok B TK Aisyiyah Plosowangi, Cawas, Klaten. Penelitian bersifat kolaburatif antara peneliti, guru kelas dan anak didik. Data diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menerapkan 2 siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal sebelum kecerdasan emosional pada anak meningkat yaitu sebelum diterapkan metode bercerita pra siklus 27%, pada pasca siklus I meningkat menjadi 42% dan pada pasca siklus II meningkat menjadi 88%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan metode bercerita dongeng dapat meningkatkan kecerdasan emosional pada anak di kelompok B TK Aisyiyah Plosowangi, Cawas, Klaten.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bercerita dongeng, kecerdasan emosi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 14 Nov 2013 12:05 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 03:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26740 |
Actions (login required)
View Item |