Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Melalui Metode Bercerita Dongeng Di Kelompok B TK Aisyiyah Plosowangi Tahun Ajaran 2013/2014

Ismiyatun, Ismiyatun and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, M.H. (2013) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Melalui Metode Bercerita Dongeng Di Kelompok B TK Aisyiyah Plosowangi Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (265kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan karena kemampuan kecerdasan emosional anak di Kelompok B TK Aisyiyah Plosowangi masih rendah, yaitu dalam hal mengenali kesadaran diri, mengelola emosi, memanfaatkan emosi secara produktif, empati dan membina hubungan. Faktor yang menyebabkan adalah pembelajaran kecerdasan emosional kurang mendapat perhatian dan kurang adanya pelatihan-pelatihan serta bimbingan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan tujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional melalui metode bercerita dongeng di Kelompok B TK Aisyiyah Plosowangi, Cawas, Klaten. Penelitian bersifat kolaburatif antara peneliti, guru kelas dan anak didik. Data diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menerapkan 2 siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal sebelum kecerdasan emosional pada anak meningkat yaitu sebelum diterapkan metode bercerita pra siklus 27%, pada pasca siklus I meningkat menjadi 42% dan pada pasca siklus II meningkat menjadi 88%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan metode bercerita dongeng dapat meningkatkan kecerdasan emosional pada anak di kelompok B TK Aisyiyah Plosowangi, Cawas, Klaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bercerita dongeng, kecerdasan emosi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 14 Nov 2013 12:05
Last Modified: 01 Nov 2021 03:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26740

Actions (login required)

View Item View Item