Suharni, Suharni and , Drs. Ilham Sunaryo, M. Pd. AUD (2013) Pengembangan Kreativitas Melalui Bermain Fingerpainting Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-kanak Pertiwi Trucuk 02 Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HAL_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (163kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (50kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI_SUHARNI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkankreativitas anak melalui metode bermain finger painting pada Taman Kanak-Kanak Pertiwi 02 Trucuk, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014.Subjek penelitian adalah anak Taman Kanak-kanak Pertiwi 02 Trucuk, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu silus I dan siklus II, dengan masing-masing tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, dokumentasi, dan catatan lapangan. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan secara kolaboratif dengan teman sejawat, peneliti disini bertindak sebagai guru dan teman sejawat bertindak sebagai observer/pengamat. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa bermain finger painting dari tanah liat dapat meningkatkan kreativitas pada siswa Taman Kanak-kanak Pertiwi Trucuk 02 Tahun Pelajaran 2013/2014 Desa Trucuk, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten. Hal ini dapat dilihat pada kenaikan frekuensi dan persentase yang terjadi pada kondisi awal dari 15 siswa belum ada perkembangan kreativitas, pada siklus I meningkat jadi 69,41% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 83,3%. Tindak lanjut untuk anak yang berlum berhasil, peneliti lebih optimal dalam membimbing, peneliti mengadakan home visit ke rumah siswa, peneliti menyarankan kepada orang tua siswa untuk lebih memperhatikan anak dengan kasih sayang.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | finger painting, perkembangan kreativitas. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 14 Nov 2013 11:41 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 03:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26736 |
Actions (login required)
View Item |