Upaya Mengembangkan Motorik Halus Melalui Permainan Meronce Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Rejoso, Jogonalan, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

TUMIYEM, TUMIYEM and , Aryati Prasetyarini, M,Pd. (2013) Upaya Mengembangkan Motorik Halus Melalui Permainan Meronce Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Rejoso, Jogonalan, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (171kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengembangan kemampuan motorik halus anak di kelas A Taman Kanak-Kanak Pertiwi Rejoso, Jogonalan, Klaten tahun 2012/2013 melalui permainan meronce.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Jumlah subjek penelitian adalah kelompok A TK Pertiwi Rejoso, Jogonalan, Klaten tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 21 anak. Teknik analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu deskriptif komparatif, yaitu membandingkan hasil dari kegiatan kondisi awal, hasil dari kegiatan siklus 1 dan hasil dari kegiatan siklus 2, kemudian direfleksi dan analisis interaktif yaitu menganalisis proses pembelajaran meronce menggunakan tiga tahap (1) reduksi data, (2) sajian data, dan (3) penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian berupa kesimpulan bahwa: (1) Melalui permainan meronce dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak-anak kelompok A TK Pertiwi Rejoso, Jogonalan, Klaten tahun 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan kegiatan anak dari kondisi prasiklus ke siklus I lalu ke siklus II yaitu adanya peningkatan sebesar 15,5% dari prasiklus ke siklus I yaitu dari 44% menjadi 59,5%, dan peningkatan sebesar 24,9% dari dari kondisi siklus I 59,5% menjadi 84,38% pada siklus II. (2) Permainan meronce dapat maksimal dilaksanakan pada kelompok A TK Pertiwi Rejoso, Jogonalan KLaten tahun 2012/2013 dengan cara memberikan contoh secara berurutan tahap.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Permainan Meronce
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2013 11:37
Last Modified: 01 Nov 2021 03:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26735

Actions (login required)

View Item View Item