TUMIYEM, TUMIYEM and , Aryati Prasetyarini, M,Pd. (2013) Upaya Mengembangkan Motorik Halus Melalui Permainan Meronce Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Rejoso, Jogonalan, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (171kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (59kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (661kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (49kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengembangan kemampuan motorik halus anak di kelas A Taman Kanak-Kanak Pertiwi Rejoso, Jogonalan, Klaten tahun 2012/2013 melalui permainan meronce.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Jumlah subjek penelitian adalah kelompok A TK Pertiwi Rejoso, Jogonalan, Klaten tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 21 anak. Teknik analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu deskriptif komparatif, yaitu membandingkan hasil dari kegiatan kondisi awal, hasil dari kegiatan siklus 1 dan hasil dari kegiatan siklus 2, kemudian direfleksi dan analisis interaktif yaitu menganalisis proses pembelajaran meronce menggunakan tiga tahap (1) reduksi data, (2) sajian data, dan (3) penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian berupa kesimpulan bahwa: (1) Melalui permainan meronce dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak-anak kelompok A TK Pertiwi Rejoso, Jogonalan, Klaten tahun 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan kegiatan anak dari kondisi prasiklus ke siklus I lalu ke siklus II yaitu adanya peningkatan sebesar 15,5% dari prasiklus ke siklus I yaitu dari 44% menjadi 59,5%, dan peningkatan sebesar 24,9% dari dari kondisi siklus I 59,5% menjadi 84,38% pada siklus II. (2) Permainan meronce dapat maksimal dilaksanakan pada kelompok A TK Pertiwi Rejoso, Jogonalan KLaten tahun 2012/2013 dengan cara memberikan contoh secara berurutan tahap.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motorik Halus, Permainan Meronce |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2013 11:37 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 03:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26735 |
Actions (login required)
View Item |