Soraya, Ardhita Wulan and , Dra. Partini, M.Si (2013) Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X Di SMA Batik 1 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (607kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (104kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (363kB) |
Abstract
Prestasi belajar merupakan suatu bukti keberhasilan belajar seseorang siswa dalam melakukan kegiatan belajarnya. Prestasi belajar siswa rendah dipengaruhi oleh ketidakmampuan siswa dan faktor guru kurang efektif dalam penggunaan metode, guru dalam pembelajaran bersifat monoton, sehingga tidak menarik siswa untuk mengikuti pelajaran dan menimbulkan kejenuhan siswa. Guru sebagai tenaga pendidik merupakan salah satu faktor yang paling menentukan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Cara guru mengajar dapat dipersepsikan secara positif maupun negatif oleh siswa sehingga mempengaruhi prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang cara mengajar guru dengan prestasi belajar pada siswa kelas X di SMA Batik 1 Surakarta. (2) Untuk mengetahui tingkat persepsi siswa tentang cara mengajar guru. (3) Untuk mengetahui tingkat prestasi belajar pada siswa kelas X di SMA Batik 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Batik 1 Surakarta yang berjumlah 334 orang. Jumlah tersebut diperoleh dari 8 kelas, masing-masing kelas berjumlah 38 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian tidak diambil semua, sampel penelitian diambil hanya dua kelas X, yang berjumlah 76 siswa. Alasan sampel hanya 76 siswa, karena jumlah 76 siswa sudah memenuhi syarat untuk dilakukan analisis data. Pemilihan subjek ini menggunakan teknik cluster random sampling, artinya subjek penelitian mempunyai kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini ada dua, yaitu skala persepsi tentang cara guru mengajar dan dokumentasi prestasi belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametric. Hubungan antara persepsi siswa tentang cara guru mengajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas X di SMA Batik 1 Surakarta dapat diperoleh suatu kesimpulan, yaitu: (1) Tidak ada hubungan antara persepsi tentang cara guru mengajar dengan prestasi belajar pada kelas X di SMA Batik 1 Surakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil korelasi product moment diperoleh hasil r sebesar 0,127 dengan p = 0,285 (p > 0.05). (2) Hasil kategori persepsi tentang cara guru mengajar tergolong sedang dengan rerata empirik (ME) sebesar 121,493 dan rerata hipotetik (MH) sebesar 117,5. (3) Hasil kategori prestasi belajar rendah dengan rerata empirik (ME) sebesar 79,315 dan rerata hipotetik (MH) sebesar 85,5.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Siswa tentang Cara Guru Mengajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2013 10:13 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 03:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26729 |
Actions (login required)
View Item |