ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN NEUTRON YOGYAKARTA DI SURAKARTA

Marethasari, Widiawati Dwi (2008) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN NEUTRON YOGYAKARTA DI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100030227.pdf

Download (198kB)
[img] PDF
B100030227.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara semua dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada lembaga pendidikan Neutron Yogyakarta cabang Surakarta I dan untuk mengetahui dimensi kualitas jasa yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Neutron Yogyakarta cabang Surakarta I. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini: 1) Di duga ada pengaruh yang signifikan antara semua dimensi kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen pada Lembaga Pendidikan Neutron Yogyakarta. 2) Di duga dimensi keandalan (Reliability) paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Lembaga Pendidikan Neutron Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti bimbingan belajar di Neutron Yogyakarta cabang Surakarta I. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan sampel yang diambil sebanyak 60 responden. Dengan instrument berupa kuesioner dalam rangka perolehan data primer sedangkan data sekunder diperoleh dari perusahaan itu sendiri. Data yang telah diperoleh diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis dengan regresi berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan yaitu hasil analisis menunjukkan bahwa semua variabel dimensi kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Faktor yang paling berpengaruh dari dimensi kualitas pelayanan pada Neutron Yogyakarta cabang Surakarta I yang mempengaruhi kepuasan konsumen adalah reliability. Hal ini sangat dibuktikan nilai thitung yang paling besar dibandingkan dengan nilai thitung variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy, kepuasan konsumen
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 15 Jun 2009 07:22
Last Modified: 16 Nov 2010 21:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2672

Actions (login required)

View Item View Item