WALIDATI, IRFAKNI BIRRUL (2008) USAHA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNALAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN BELAJAR SOMATIS, AUDITORI, VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI) ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N II Wuryantoro). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410040164.pdf Download (72kB) |
|
PDF
A410040164.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan bernalar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan belajar Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI). Peningkatan kemampuan bernalar berdasarkan tiga aspek yaitu kemampuan mengajukan dugaan, kemampuan menarik kesimpulan dan kemampuan menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi. Subyek pemberi tindakan adalah peneliti dibantu guru matematika kelas VIIA, sedangkan subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA sejumlah 40 siswa. Data dikumpulkan melalu observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskiptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Peningkatan kemampuan mengajukan dugaan yang meliputi keberanian siswa untuk menjawab pertanyaan sebelum tindakan 10% pada akhir putaran meningkat menjadi 40%, serta keberanian siswa untuk maju mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan 5,2% pada akhir putaran meningkat menjadi 35%, 2) Peningkatan kemampuan menarik kesimpulan yang meliputi kemampuan siswa mengadakan penyelidikan dengan pengukuran atau fakta sebelum tindakan 39,4% pada akhir putaran meningkat menjadi 86,4%, serta kemampuan siswa menunjukkan jawaban yang benar sesuai permasalahan yang ada sebelum tindakan 26,3% pada akhir putaran meningkat menjadi 81%, 3). Peningkatan kemampuan menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi yang meliputi kemampuan siswa menemukan hasil melalui pola sebelum tindakan 52,6% pada akhir putaran meningkat menjadi 91,8 %, serta kemampuan siswa menentukan jawaban melalui gambar sebelum tindakan 43,3% pada akhir putaran meningkat menjadi 75,6%. Dengan adanya peningkatan ketiga aspek tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan bernalar siswa dalam pembelajaran matematika melalui Pendekatan SAVI mengalami peningkatan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan_bernalar, pembelajaran_matematika, pendekatan_SAVI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 15 Jun 2009 07:15 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 21:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2671 |
Actions (login required)
View Item |