Upaya Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Media Gambar Dan Kartu Kata Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi 1 Planggu Trucuk Tahun Ajaran 2013/2014

SUHARMI, SUHARMI and , Dra. Surtikanti, S.H. M.Pd. (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Media Gambar Dan Kartu Kata Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi 1 Planggu Trucuk Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (568kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (256kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (613kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan media gambar dan kartu kata pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Planggu, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan anak anak kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi I Planggu yang berjumlah 15 anak yang terdiri 5 perempuan dan 10 laki-laki. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pra siklus menunjukkan bahwa kemampuan membaca anak tergolong rendah. Persentase pencapaian hanya 45% saja. Setelah dilakukan tindakan melalui penerapan media gambar dan kartu kata pada siklus I, persentase pencapaian yang sudah mencapai ketuntasan berkembang menjadi 60% (9 anak). Demikian pula setelah dilakukan perbaikan pada siklus II semakin berkembang dalam pencapaian ketuntasan yaitu 80% (12 anak). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “ Penerapan media gambar dan kartu kata dapat mengembangkan kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi I Planggu Kelompok B Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013/2014” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: membaca, media gambar dan kartu kata.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2013 11:34
Last Modified: 01 Nov 2021 03:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26693

Actions (login required)

View Item View Item