PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD PADA PDAM BOYOLALI

SUSILOWATI , NINING (2008) PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD PADA PDAM BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B200040358.pdf

Download (66kB)
[img] PDF
B200040358.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja PDAM Kabupaten Boyolali dengan menggunakan Balanced Scorecard dilihat dari perspektif keuangan, perspektif konsumen, internal bisnis serta pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian menggunakan metode deskriptif jenis studi kasus yang menggambarkan obyek penelitian apa adanya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan dan pelanggan PDAM yang berada di Boyolali. Sampel yang diteliti adalah laporan keuangan perusahaan selama tiga periode mulai 2004-2006, karyawan dan pelanggan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk data primer yang diperoleh karyawan dan pelanggan, sedangkan data sekunder (laporan keuangan tahunan 2004, 2005, 2006). Teknik analisis data menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil evaluasi sistem pengukuran kinerja pada PDAM Boyolali menunjukkan penilaian kinerja yang baik karena selalu mengalami peningkatan dengan jumlah skor 14 termasuk dalam kategori berkinerja baik. (2) Kinerja likuiditas current ratio rata-rata sebesar 120,28%, kinerja WCTA rata-rata sebesar 4,69%, solvabilitas rata-rata sebesar 26,30%, dan kinerja rentabilitas operating ratio rata-rata sebesar 75,97%. Pangsa pasar meningkat, akuisisi pelanggan meningkat, retensi pelanggan meningkat, profitabilitas pelanggan meningkat, dan sebagian besar pelanggan (40,3%) menyatakan sangat puas. Selanjutnya produktivitas karyawan menunjukkan kecenderungan meningkat, retensi karyawan menunjukkan kecenderungan meningkat, dan sebagian besar karyawan (41,1%) menyatakan sangat puas terhadap pelayanan perusahaan. (3) Pengukuran kinerja dengan menggunakan Balanced Scorecard menunjukkan hasil yang lebih baik dan komprehensif karena pengukuran tidak hanya ditinjau dari perspektif keuangan saja tetapi juga dapat dilihat dari perspektif konsumen, internal bisnis serta pertumbuhan dan pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kinerja, balanced scorecard, keuangan, konsumen, internal bisnis, pertumbuhan dan pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 15 Jun 2009 07:17
Last Modified: 16 Nov 2010 21:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2669

Actions (login required)

View Item View Item