SUSANTI, ARI and , Drs. Mulyadi, SK., SH., M.Pd and , Drs. Djaelani, M.Pd (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Bermain Peran Di Kelompok B KB Tunas Melati Purworejo Kedawung Sragen Tahun Pelajaran 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (331kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.asli.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.asli.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PABLIKASI.pdf Download (359kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial melalui metode bermain peran pada anak Kelompok B Kelompok Bermain Tunas Melati Purworejo, Kedawung, Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini anak kelompok B berjumlah 11 anak. Data dikumpulkan melalui metode observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data diperiksa dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini diperoleh sekor kemampuan ineraksi sosial rata-rata yaitu, prasiklus 1,6; siklus I 2,1; siklus II 2,7; dan siklus III 2,9. Data dianalisis dengan teknik analisis interaktif dengan langkahlangkah : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan prosentase skor ketuntasan kemampuan interaksi sosial anak, yakni sebelum tindakan 18% atau sebanyak 3 anak, siklus I 45% atau sebanyak 5 anak, siklus II 64% atau sebanyak 7 anak, dan siklus III 82% atau sebanyak 9 anak. Hasil penelitian di atas dari satu tahab ke tahab berikutnya selalu menunjukkan peningkatan. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak Tunas Melati Purworejo Kedawung Sragen Tahun Pelajaran 2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan interaksi Sosial, metode bermain peran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 12 Nov 2013 12:52 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 06:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26677 |
Actions (login required)
View Item |