Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Metode Bimba A I U E O Pada Anak Kelompok B1 Di Taman Kanak-Kanak Islam Unggulan Birrul Walidain Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

RETNOSARI, HENI and , Aryati Prasetyarini M.Pd and , Drs. Ilham Sunaryo M.Pd (2013) Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Metode Bimba A I U E O Pada Anak Kelompok B1 Di Taman Kanak-Kanak Islam Unggulan Birrul Walidain Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (272kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak dengan metode biMBA A I U E O. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B1 di Taman kanak-kanak Islam Unggulan Birrul Walidain Sragen Tahun Ajaran 2012/2013 dan obyek penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan anak. Data kemampuan membaca permulaan anak dikumpulkan dengan observasi dan data tentang pembelajaran metode biMBA A I U E O dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan analisis komparatif yaitu dengan membandingkan hasil rata-rata kemampuan membaca permulaan anak dengan indikator kinerja pada setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan membaca permulaan anak sebelum tindakan adalah 39,33%. Setelah dilakukan pembelajaran dengan metode biMBA A I U E O pada siklus I kemampuan membaca permulaan anak meningkat menjadi 59,25% pada siklus II kemampuan membaca permulaan anak meningkat menjadi 78,70% dan pada siklus III kemampuan membaca permulaan anak meningkat menjadi 89,07%. Secara keseluruhan dengan metode biMBA A I U E O dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B1 di Taman Kanak-kanak Islam Unggulan Birrul Walidain Sragen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode biMBA AIUEO, membaca permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2013 12:32
Last Modified: 26 Oct 2021 04:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26672

Actions (login required)

View Item View Item