Hartato, Devid Agus and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Belajar Heuristik Dan Ekspositori Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (161kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (38MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis : (1) perbedaan hasil belajar matematika setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran heuristik dan ekspositori, (2) apakah ada perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari keaktifan belajar siswa, (3) adakah interaksi metode pembelajaran Heuristik, metode pembelajaran Ekspositori, dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode test, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik anal isis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik Anava dua jalur dengan sel tidak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis variansi dua jalan dengan sel tidak sama pada α = 5% diperoleh : (1) Fhitung = 5,397 < Ftabel = 4,01 ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan metode pembelajaran heuristik dan metode pembelajaran ekspositori, (2) Fhitung = 4,199 > F tabel = 3,16 sehingga ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan di tinjau dari keaktifan belajar siswa, (3) Fhitung = 0,152 < Ftabel = 3,16 sehingga tidak ada interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode heuristik dengan siswa yang diberi pengajaran dengan metode ekspositori, ada perbedaan prestasi belajar ditinjau dari keaktifan siswa, tidak ada interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan keaktifan nterhadap prestasi belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, heuristik, ekspositori, keaktifan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Nov 2013 06:26 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26660 |
Actions (login required)
View Item |