Fauzi, Muhamad Wahid and , Dra. Main Sufanti, M. Hum. and , Drs. Adyana Sunanda (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Metode Inkuiri Pada Peserta Didik Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Geyer Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (92kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (7MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (68kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (819kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (57MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini meliputi (1) Meningkatkan keaktifan siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Geyer Grobogan dalam pembelajar menulis puisi dengan metode inkuiri, (2) meningkatkan kemampuan menulis puisi peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 2 Geyer Grobogan dengan metode inkuiri. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian ini adalah data deskriptif yang berupa hasil puisi siswa, ungkapan, pernyataan, kata-kata tertulis, nilai hasil menulis puisi siswa, serta dokuentasi tertulis lainnya seperti silabus, RPP, dan ateri pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode inkuiri. Sumber Data dalam penelitian ini adalah informan, tempat, peristiwa, dan dokumen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data penelitian ini teknik analisis kritis dan teknik komparatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi pada siklus I sebesar 74,99% (24 siswa), pada siklus II sebesar 90,62% (29 siswa). Jadi mengalami peningkatan 15,63%. Kemampuan siswa dalam menulis puisi pada siklus I sebesar 59,37% (19 siswa), pada siklus II sebesar% 84,38(27 siswa). Jadi kemampuan siswa dalam menulis puisi yang mencapai KKM 70 meningkat sebesar 25,01%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan menulis puisi, metode inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Nov 2013 11:15 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 02:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26659 |
Actions (login required)
View Item |