Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Metode Inkuiri Pada Peserta Didik Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Geyer Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012

Fauzi, Muhamad Wahid and , Dra. Main Sufanti, M. Hum. and , Drs. Adyana Sunanda (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Metode Inkuiri Pada Peserta Didik Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Geyer Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini meliputi (1) Meningkatkan keaktifan siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Geyer Grobogan dalam pembelajar menulis puisi dengan metode inkuiri, (2) meningkatkan kemampuan menulis puisi peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 2 Geyer Grobogan dengan metode inkuiri. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian ini adalah data deskriptif yang berupa hasil puisi siswa, ungkapan, pernyataan, kata-kata tertulis, nilai hasil menulis puisi siswa, serta dokuentasi tertulis lainnya seperti silabus, RPP, dan ateri pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode inkuiri. Sumber Data dalam penelitian ini adalah informan, tempat, peristiwa, dan dokumen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data penelitian ini teknik analisis kritis dan teknik komparatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi pada siklus I sebesar 74,99% (24 siswa), pada siklus II sebesar 90,62% (29 siswa). Jadi mengalami peningkatan 15,63%. Kemampuan siswa dalam menulis puisi pada siklus I sebesar 59,37% (19 siswa), pada siklus II sebesar% 84,38(27 siswa). Jadi kemampuan siswa dalam menulis puisi yang mencapai KKM 70 meningkat sebesar 25,01%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan menulis puisi, metode inkuiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Nov 2013 11:15
Last Modified: 26 Oct 2021 02:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26659

Actions (login required)

View Item View Item