Pemanfaatan Kacang Hijau Sebagai Bahan Dasar Es Krim Dengan Penambahan Madu Sebagai Pemanis Dan Sari Daun Suji Sebagai Pewarna Alami

Dihardiningrum, Raras Okta and , Dra. Titik Suryani, M.Sc. (2013) Pemanfaatan Kacang Hijau Sebagai Bahan Dasar Es Krim Dengan Penambahan Madu Sebagai Pemanis Dan Sari Daun Suji Sebagai Pewarna Alami. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (866kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Es krim adalah makanan semi padat yang dibuat dengan cara pembekuan campuran susu, lemak hewani maupun nabati, gula, dan dengan atau tanpa bahan makanan lain. Penelitian ini menggunakan kacang hijau, susu skim, dan madu sebagai perlakuan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kadar protein, gula, hasil organoleptik dan daya terima masyarakat dan es krim yang paling disukai panelis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dua faktorial. Faktor tersebut yaitu konsentrasi madu (5% dan 10%) dan perbandingan susu kacang hijau dan susu skim (0%:100%, 90%:10%, 80%:20%, 70%:30%) dengan 8 taraf perlakuan 2 kali ulangan. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan uji kadar protein, gula, uji organoleptik dan daya terima masyarakat. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa formulasi susu kacang hijau dan susukim serta penambahan madu berpengaruh terhadap kadar protein, gula, uji organoleptik dan daya terima masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kadar protein es krim kacang hijau antara 5,17 – 10,86 g/100 ml; kadar protein tertinggi pada perlakuan madu 10%+susu kacang hijau 90%+susu skim 10% (M2K1) dan kadar protein terendah pada perlakuan madu 5%+tanpa susu kacang hijau+susu skim 100% (M1K0), sedangkan kadar gula es krim kacang hijau antara 29,6 - 35,5 g/100 ml; kadar gula tertinggi pada perlakuan formulasi madu 10%+susu kacang hijau 70%+susu skim 30% (M2K3)dan kadar gula terendah pada perlakuan madu 5%+susu kacang hijau 90%, dan susu skim 10% (M1K1). Es krim perlakuan madu 10%+susu kacang hijau 70%+susu skim 30% (M2K3) paling disukai panelis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: es krim, kacang hijau, madu, daun suji
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 11 Nov 2013 12:55
Last Modified: 26 Oct 2021 15:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26652

Actions (login required)

View Item View Item