Pengaruh Pemberian Tugas Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Aini, Nurul and , Drs. Djumali, M.Pd (2013) Pengaruh Pemberian Tugas Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (569kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (391kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh pemberian tugas terhadap hasil belajar, 2) pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar, 3) pemberian tugas dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik.Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Sawit Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 206 siswa dengan sampel sebanyak 129 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling dengan cara acak. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaanregresi: Y = 46,112 + 0,509X1 + 0,197X2 yang artinya hasil belajar dipengaruh oleh pemberian tugas dan kedisiplinan belajar. Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) Pemberian tugas berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan uji t diketahui nilai thitung>ttabel yaitu 7,283 > 1,979 pada taraf signifikansi<0,05, yaitu 0,000. 2) Kedisiplinan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan uji t diketahui nilai hitung t > tabel t yaitu 2,527 > 1,979 pada taraf signifikansi <0,05, yaitu 0,013. 3) Pemberian tugas dan kedisiplinan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan uji F diketahui nilai hitung F > tabel F yaitu 58,104>3,07 pada taraf signifikansi <0,05, yaitu 0,000. (4) Variabel pemberian tugas memberikan sumbangan efektif sebesar 37,99%. Variabel kedisiplinan belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 9,99%, sehingga total sumbangan efektif keduanya sebesar 48%, sedangkan 52% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberian tugas, Kedisiplinan belajar dan Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Nov 2013 08:38
Last Modified: 01 Nov 2021 02:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26631

Actions (login required)

View Item View Item