Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 5 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012 / 2013

Prabowo, Harry Surya and , Dr. Hj. Suyatmini, M.Si. and , Drs. H. Sami’an, M.M. (2013) Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 5 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 5 Sukoharjo melalui metode Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan Refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 5 Sukoharjo yang berjumlah 32 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan tehnik observasi, wawancara, dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis data, penyusunan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data kreativitas belajar siswa sebelum tindakan sebesar 19,15%. Sedangkan dari hasil penerapan metode Jigsaw pada siklus I meningkat sebesar 38,29%, siklus II mengalami peningkatan menjadi 77,74%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 59,37%, pada siklus I sebesar 62,5% dan siklus II sebesar 84,37%. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Jigsaw dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 5 Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Nov 2013 08:24
Last Modified: 01 Nov 2021 02:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26630

Actions (login required)

View Item View Item