Pamungkas, Novy Nugroho and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2013) Ekperimen Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Problem Based Learning Dan Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa (Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_i_-_xv.pdf Download (408kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_(novy).pdf Download (115kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_(novy).pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_(novy).pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_(novy).pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_(novy).pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (269kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh strategi pembelajaran PBL dan CTL terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian, eksperimen semu (quasi ekperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan strategi pembelajaran PBL, dan kelas kontrol yang diberi perlakuan strategi pembelajaran CTL. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Tehnik analisis yang dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan sel tak sama, sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian pada = 5%, diperoleh : (1) Ada pengaruh antara strategi PBL dan CTL terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) Ada pengaruh antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, dan (3) Ada interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | contextual teaching and learning; motivasi; problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Nov 2013 07:47 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26612 |
Actions (login required)
View Item |