Pengaruh Penerapan Pembeelajaran Matematika Dengan Metode Inquiry Learning Dan Reciprocal Teaching Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa (Eksperimen Pada Kelas XI IPA Semester I Sma Muh I Klaten

Salami, Muh Iqbal and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2013) Pengaruh Penerapan Pembeelajaran Matematika Dengan Metode Inquiry Learning Dan Reciprocal Teaching Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa (Eksperimen Pada Kelas XI IPA Semester I Sma Muh I Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
LAMPIRAN_DEPAN.pdf

Download (772kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_BELAKANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (429kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) perbedaan antara metode pembelajaran Inquiry Learning dan Reciprocal Teaching terhadap prestasi belajar matematika. (2) perbedaan pengaruh Minat Belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. (3) interaksi pengaruh metode pembelajaran dan Minat Belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian termasuk eksperimen. Populasinya seluruh siswa kelas XI IPA SMA MUH I Klaten tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari empat kelas yaitu kelas XI IPA I, XI IPA 2, XI IPA3, dan XI IPA IV. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA I dikenai metode Inquiry Learning dan XI IPA IV dikenai metode Reciprocal Teaching. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data digunakan analisis variansi dua jalur sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Uji lanjut analisis variansi digunakan komparasi ganda dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5 % diperoleh bahwa: (1) Ada perbedaan antara metode pembelajaran (Inquiry Learning ) dan metode pembelajaran (Reciprocal Teaching) terhadap prestasi belajar matematika siswa {(FA = 4,343) > (Ftabel = 4,027)}. (2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari Minat Belajar {(FB = 4,246) > (Ftabel = 3,175)}. (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan Minat Belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika {(FAB = 0,448) < (Ftabel = 3,175)}.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Matematika, Minat Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Inquiry Learning dan Reciprocal Teaching.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Nov 2013 07:24
Last Modified: 02 Nov 2021 23:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26610

Actions (login required)

View Item View Item