Salami, Muh Iqbal and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2013) Pengaruh Penerapan Pembeelajaran Matematika Dengan Metode Inquiry Learning Dan Reciprocal Teaching Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa (Eksperimen Pada Kelas XI IPA Semester I Sma Muh I Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
LAMPIRAN_DEPAN.pdf Download (772kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_BELAKANG.pdf Restricted to Repository staff only Download (741kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (429kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) perbedaan antara metode pembelajaran Inquiry Learning dan Reciprocal Teaching terhadap prestasi belajar matematika. (2) perbedaan pengaruh Minat Belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. (3) interaksi pengaruh metode pembelajaran dan Minat Belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian termasuk eksperimen. Populasinya seluruh siswa kelas XI IPA SMA MUH I Klaten tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari empat kelas yaitu kelas XI IPA I, XI IPA 2, XI IPA3, dan XI IPA IV. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA I dikenai metode Inquiry Learning dan XI IPA IV dikenai metode Reciprocal Teaching. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data digunakan analisis variansi dua jalur sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Uji lanjut analisis variansi digunakan komparasi ganda dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5 % diperoleh bahwa: (1) Ada perbedaan antara metode pembelajaran (Inquiry Learning ) dan metode pembelajaran (Reciprocal Teaching) terhadap prestasi belajar matematika siswa {(FA = 4,343) > (Ftabel = 4,027)}. (2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari Minat Belajar {(FB = 4,246) > (Ftabel = 3,175)}. (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan Minat Belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika {(FAB = 0,448) < (Ftabel = 3,175)}.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar Matematika, Minat Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Inquiry Learning dan Reciprocal Teaching. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Nov 2013 07:24 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26610 |
Actions (login required)
View Item |