Rohayah, Kristin and , Drs. H. Djalal Fuadi, M.M. (2013) Pengaruh Minat Dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Ekonomi Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (191kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (415kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa, 2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa, 3) Pengaruh minat dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif asosiatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Colomadu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 150 siswa dengan sampel sebanyak 105 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 42,848 + 0,282X1 + 0,269X2 yang artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh minat dan kemandirian belajar siswa. Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) Minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,405 > 1,983 pada taraf signifikan 5%. 2) Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,309 > 1,983 pada taraf signifikan 5%. 3) Minat dan kemandirian belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 42,882 > 3,084 pada taraf signifikan 5%. (4) Variabel minat belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 4,6%. Variabel kemandirian belajar siswa memberikan sumbangan efektif sebesar 4,75%, sehingga total sumbangan efektif keduanya sebesar 9,35%, sedangkan 90,65% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat belajar, kemandirian belajar dan prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 07 Nov 2013 11:11 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 02:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26605 |
Actions (login required)
View Item |