Ananta, Wachid Kusuma and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Menggunakan Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya ( PTK pada Siswa Kelas IX A Semester Ganjil SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (895kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (639kB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika melalui strategi pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas IX SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A yang terdiri dari 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian adalah metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan keaktifan belajar matematika dilihat dari indikator yaitu: (1) siswa yang aktif bertanya sebelum tindakan ada 10 siswa (30,30 %) setelah tindakan 27 siswa (81,81%), (2) siswa yang mengemukakan pendapat sebelum tindakan ada 11 siswa ( 33,33 % ) setelah tindakan 28 siswa (84,84%), (3) siswa yang memperhatikan waktu pembelajaran sebelum tindakan 9 siswa ( 27,27 % ) setelah tindakan 30 siswa (90,90 % ). Berdasarkan uraian yang telah dikemukan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tutor sebaya, dan keaktifan belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 Nov 2013 11:37 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26598 |
Actions (login required)
View Item |