Listyaningrum, Arista and , Drs. Yulianto Bambang Setyadi, M.Si (2013) Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Melalui Penerapan Strategi Learning Starts With A Question Kolaborasi Pointcounterpoint Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas XI A SMK Muhammadiyah 01 Boyolali 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (872kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (128kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (339kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas XI A SMK Muhammadiyah 01 Boyolali melalui penerapan strategi Learning Starts With a Question kolaborasi Point-Counterpoint. Sebelum diberikan tindakan hanya 12 siswa (28,57%) dari 42 murid. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas XI A SMK Muhammadiyah 01 Boyolali yang berjumlah 42 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber serta tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran tersebut. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan melalui penerapan strategi Learning Starts With a Question kolaborasi Point-Counterpoint ini kreativitas belajar dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas XI A SMK Muhammadiyah 01 Boyolali dapat meningkat minimal 75% dari 42 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diadakan tindakan dengan menggunakan strategi Learning Starts With a Question kolaborasi Point-Counterpoint ini, siswa yang memiliki kreativitas sebanyak 12 anak (28,57%) dari 42 peserta didik. Setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 19 siswa (45,23%) dari 42 peserta didik, dan pada tindakan siklus II menunjukkan adanya peningkatan sebanyak 34 siswa (80,95%) dari 42 peserta didik. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi Learning Starts With a Question kolaborasi Point-Counterpoint mampu meningkatkan kreativitas belajar pada siswa kelas XI A MK Muhammadiyah 01 Boyolali 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Starts With a Question, Point-Counterpoint, Kreativitas Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 Nov 2013 06:40 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 01:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26590 |
Actions (login required)
View Item |