Pengaruh Dukungan Keluarga Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukodono Tahun Ajaran 2012/2013

Isro’ah, Siti and , Dra. Hj. Titik Asmawati, SE, M.Si. (2013) Pengaruh Dukungan Keluarga Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukodono Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01.Halaman_Depan.pdf

Download (625kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02.BAB_I.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (Bab II)
03.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab III)
04.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab IV)
05.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] PDF (Bab V)
06.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
08.LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (290kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh dukungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa, 2) pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa, 3) pengaruh dukungan keluarga dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukodono Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 84 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode dokumentasi yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 27,130 + 0,351 X1 + 0,405 X2, artinya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh dukungan keluarga dan kecerdasan emosional. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) dukungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel dukungan keluarga sebesar 8,296 dan ttabel sebesar 1,989, sehingga thitung>ttabel atau 8,296>1,989 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (2) kecerdasan emosional berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kecerdasan emosional sebesar 9,408 dan ttabel sebesar 1,989, sehingga thitung>ttabel atau 9,408>1,989 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (3) dukungan keluarga dan kecerdasan emosional secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukodono tahun ajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 91,154 dan Ftabel sebesar 3,10, sehingga Fhitung>Ftabel atau 91,154>3,10 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,692, dengan kontribusi dukungan keluarga sebesar 30,794% dan kontribusi kecerdasan emosional sebesar 38,406%, berarti 69,2% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel dukungan keluarga dan kecerdasan emosional, sisanya sebesar 30,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Dukungan Keluarga, Kecerdasan Emosional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Nov 2013 08:16
Last Modified: 01 Nov 2021 01:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26587

Actions (login required)

View Item View Item