Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Snowball Throwing Pada Pembelajaran Biologi Materi Kepadatan Populasi Manusia Pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 3 Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Aningsih, Eka Dias Wiwik and , Drs. Sumanto (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Snowball Throwing Pada Pembelajaran Biologi Materi Kepadatan Populasi Manusia Pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 3 Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (689kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (448kB)

Abstract

Snowball throwing (bola salju) adalah Penggunaan metode dengan cara dibentuk kelompok yang diwakili ketua kelompok untuk mendapat tugas dari guru, kemudian ketua kelompok menyampaikan materi ke teman kelompoknya, setelah selesai masing-masing siswa membuat pertanyaan yang dibentuk seperti bola (kertas pertanyaan) lalu dilempar ke siswa lain yang masing-masing siswa menjawab pertanyaan dari bola yang diperoleh. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui peningkatan keaktifan berkomunikasi siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Karanganyar melalui penerapan strategi pembelajaran Snowball throwing materi kepadatan populasi manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru biologi sebagai pelaku tindakan kelas. Subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII D SMP N 3 Karanganyar yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan dengan deskriptif kualitatif dengan model tabel dan gambar diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berkomunikasi siswa pada pembelajaran biologi, dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator membuat pertanyaan siklus I 71,87% dan siklus II naik menjadi 78,12% mengalami kenaikan 6,25%, menjawab pertanyaan siklus I 62,50% dan pada siklus II naik menjadi 75,00% mengalami kenaikan 12,50%, menanggapi jawaban dari teman siklus I 65,62% dan pada siklus II naik menjadi 75,00% mengalami kenaikan 9,38%, dan yang terakhir berpendapat pada siklus I 59,37% dan siklus II naik menjadi 81,25% menalami kenaikan 21,88%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan strategi pembelajaran Snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Snowball throwing, kemampuan berkomunikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 12:43
Last Modified: 26 Oct 2021 15:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26571

Actions (login required)

View Item View Item