Strategi Penanganan Anak Temper Tantrum Melalui Terapi Permainan Puzzle Di TK Desa Jatingarang Weru Sukoharjo Tahun 2012/2013

KRISTIYANTO, ALMUNAWAR and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd, Aud and , Drs. Haryono Yuwono, SE (2013) Strategi Penanganan Anak Temper Tantrum Melalui Terapi Permainan Puzzle Di TK Desa Jatingarang Weru Sukoharjo Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (776kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penanganan anak temper tantrum melalui terapi permainan puzzle di TK Desa Jatingarang, Weru Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian pada penulisan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap penanganan anak temper tantrum TK Desa Jatingarang. Subjek penelitian adalah 2 anak pada TK Desa Jatingarang yang mengalami gejala temper tantrum yaitu Udin dan Dika. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Udin sering bermain sendiri saat pembelajaran, tidak mampu memperhatikan konsentrasinya dalam waktu yang lama, saat di beri tugas, Udin menyelesaikan setengah-setengah lalu menggangu temannya, setelah mendapat terapi Udin sudah mampu mengontrol emosinya, tidak menggangu temannya, fokus terhadap satu kegiatan dan sudah mampu berkonsentrasi yang cukup lama. Bagi Dika selalu bergerak atau tidak mau diam, Dika termasuk anak yang manja selalu ingin didahulukan, apabila hal yang diinginkannya tidak dituruti Dika marah bahkan membanting benda yang ada di sekitarnya, setelah medapat terapi mau bermain puzzle, sudah mampu mengontrol emosinya, serta fokus terhadap puzzle, dan tidak manja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanganan anak temper tantrum, Terapi permainan puzzle.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 12:25
Last Modified: 26 Oct 2021 03:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26568

Actions (login required)

View Item View Item