Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Kolase Untuk Anak Usia Dini di TK Arafat Semanggi Surakarta Tahun Pelajaran 2012-2013

Kustiarini, Eni and , Dra.Surtikanti, SH. M.Pd and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd (2013) Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Kolase Untuk Anak Usia Dini di TK Arafat Semanggi Surakarta Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_depan.pdf

Download (495kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._Bab_1.pdf

Download (201kB)
[img] PDF (Bab II)
4._Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab III)
5._Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] PDF (Bab V)
7._Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._daftar_pustaka.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9rr._naskah_publikasi.pdf

Download (428kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan visual spasial anak melalui kegiatan kolase. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelompok A2 di Taman Kanak-Kanak Arafat Semanggi Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Obyek penelitian ini adalah kecerdasan visual spasial anak. Data kecerdasan anak dikumpulkan dengan observasi dan data tentang pembelajaran kegiatan kolase dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Analisis data kecerdasan visual spasial dilakukan dengan analisis komparatif yaitu dengan membandingkan hasil rata-rata kecerdasan visual spasial anak dengan indikator kinerja pada setiap siklus. Analisis data kegiatan kolase dilakukan dengan analisis interaktif, yaitu mengkroscek hasil observasi pembelajaran setiap siklus. Skor rata-rata kecerdasan visual spasial anak sebelum dilakukan tindakan adalah 37,5%. Setelah siklus I kecerdasan visual anak berkembang menjadi 56,4%, pada siklus II kecerdasan visual spasial anak berkembang menjadi 75% dan pada siklus III berkembang menjadi 85,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan kolase dapat mengembangkan kecerdasan visual spasial anak di TK Arafat Semanggi Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan visual spasial, kegiatan kolase
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 07:22
Last Modified: 26 Oct 2021 03:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26556

Actions (login required)

View Item View Item