Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Anak-Anak Usia Dini Melalui Media Gambar pada Kelompok B Di TK Pertiwi Jaten I Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Prasetyaningtyas, Elmi and , Aryati Prasetyarini, M.Pd. and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd. (2013) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Anak-Anak Usia Dini Melalui Media Gambar pada Kelompok B Di TK Pertiwi Jaten I Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (359kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf

Download (5MB)
[img] PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (820kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak –anak usia dini melalui media gambar pada kelompok b ditk pertiwi jaten 1karanganyar tahun 2012/2013, penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), subyek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Pertiwi Jaten I, Karanganyar tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara anak dan guru, data yang digunakan untuk mengetahui kemampuan membaca anak dengan cara penerapan gambar sebagai medianya, dan data itu dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara teknik analisis data menggunakan tehnik kooperatif membandingkan rata-rata kemampuan anak dengan indikator kinerja setiap siklusnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kemampuan membaca anak sebelum dilakukan tindakan sampai siklus III menunjukkan peningkatan, sebelum tindakan 31,317%, siklus I mencapai 64,28 %, siklus II 78,57%, dan siklus III mencapai 85,75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak, untuk itu siklus III dihentikan. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat terjawab bahwa melalui media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak pada kelompok B TK Pertiwi Jaten I, Karanganyar tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: membaca, media, gambar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 06:56
Last Modified: 26 Oct 2021 03:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26554

Actions (login required)

View Item View Item