Penerapan Strategi Aktif Index Card Match Dalam Pembelajaran Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Keberanian Dan Hasil Belajar Matematika (PTK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Juwana Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013)

Morgannova, Wandityas Asy’ari and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2013) Penerapan Strategi Aktif Index Card Match Dalam Pembelajaran Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Keberanian Dan Hasil Belajar Matematika (PTK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Juwana Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (775kB)

Abstract

Keberanian siswa dalam pembelajaran sangat penting untuk menunjang hasil belajar siswa. Metode pengajaran yang berbasis guru lebih aktif dari pada siswa menyebabkan rendahnya tingkat keberanian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keberanian dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Juwana dengan strategi aktif index card match. Metode penelitian ini tindakan kelas (PTK) kolaborasi antara guru matematika dan peneliti, dengan menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, catatan lapangan, metode tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Peningkatan keberanian berdasarkan indikator-indikator diantaranya (a) mencoba hal-hal baru kondisi awal 3 siswa (10%), siklus I 7 siswa (23,33%), siklus II 10 siswa (33,33%), (b) mengemukakan pendapat kondisi awal 8 siswa (26,67%), siklus I 15 siswa (50%), siklus II 18 siswa (60%), (c) mengendalikan rasa takut kondisi awal 6 siswa (20%), siklus I 10 siswa (33,33%), siklus II 16 siswa (53,33%), (d) menghadapi tantangan kondisi awal 4 siswa (13%), siklus I 9 siswa (30%), siklus II 19 siswa (63,33%) dan 2) peningkatan hasil belajar kondisi awal 5 siswa (16,7%), siklus I 14 siswa (46,67%), siklus II 25 siswa (83,33%). Kesimpulan Strategi Aktif Index Card Match meningkatkan keberanian siswa dan hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keberanian, hasil belajar, aktif index card macth
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 12:53
Last Modified: 02 Nov 2021 23:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26553

Actions (login required)

View Item View Item