Penerapan Strategi Index Card Match Kolaborasi Peta Konsep Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Perlindungan Dan Penegakan Ham Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun 2013

Marsi, Marsi and , Drs. Yulianto Bambang Setyadi, M.Si (2013) Penerapan Strategi Index Card Match Kolaborasi Peta Konsep Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Perlindungan Dan Penegakan Ham Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (729kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (763kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep perlindungan dan penegakan HAM dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan strategi Index Card Match kolaborasi Peta Konsep pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Kerjo tahun 2013. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Kerjo yang berjumlah 32 anak. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber serta tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran tersebut. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan xvi melalui dua siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi Index Card Match kolaborasi Peta Konsep ini penguasaan mengenai konsep perlindungan dan penegakan HAM dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Kerjo tahun 2013 dapat meningkat minimal 75% dari 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diadakan tindakan dengan menerapkan strategi Index Card Match kolaborasi Peta Konsep ini, siswa yang menguasai konsep atau telah memenuhi KKM sebanyak 10 anak (31,25%) dari 32 siswa. Kemudian setelah diberi tindakan dengan strategi Index Card Match kolaborasi Peta Konsep pada siklus I yang telah memenuhi KKM sebanyak 20 anak (62,5%) dari 32 siswa, dan pada siklus II yang telah memenuhi KKM sebanyak 26 anak (81,25%) dari 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Index Card Match kolaborasi Peta Konsep dapat meningkatkan penguasaan konsep perlindungan dan penegakan HAM dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Kejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Index Card Match, Peta Konsep, dan HAM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 11:48
Last Modified: 26 Oct 2021 01:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26539

Actions (login required)

View Item View Item