Pengetahuan, Sikap, Dan Mobilisasi Siswa Kelas X SMA MTA Kelurahan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta Dalam Bencana Banjir

Silaturrahim, Muhammad Kohar and , Drs. Yuli Priyana, M.Si. (2013) Pengetahuan, Sikap, Dan Mobilisasi Siswa Kelas X SMA MTA Kelurahan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta Dalam Bencana Banjir. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Bencana alam senantiasa menjadi ancaman besar di berbagai negara termasuk Indonesia salah satu ancaman bencana yang terjadi di Indonesia adalah bencana banjir. Sehingga di perlukan pengetahuan, sikap serta mobilisasi yang baik untuk menghadapi bencana banjir sebagaimana yang dilakukan di sekolah SMA MTA kelas X di kelurahan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA MTA Surakarta dengan judul “Pengetahuan, sikap, dan mobilisasi Siswa Kelas X SMA MTA Kelurahan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta dalam Bencana Banjir”. Penelitian bertujuan (1) Untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa Kelas X SMA MTA Surakarta dalam bencana banjir, (2) Untuk mengetahui sikap siswa kelas X SMA MTA Surakarta dalam bencana banjir, (3) Untuk mengetahui berapa besar mobilisasi siswa kelas X SMA MTA Surakarta dalam bencana banjir. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, teknik dokumentasi, dan teknik observasi. Teknik analis data yang di gunakan adalah teknik diskriptif berdasarkan hasil kuisioner . Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Tingkat pengetahuan siswa kelas X SMA MTA di Kelurahan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta dalam bencana banjir dalam katagori cukup berpengetahuan,dengan peroleh nilai prosentase 53,64% (Skala 100). (2) Sikap siswa kelas X SMA MTA di Kelurahan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta dalam bencana banjir dalam katagori cukup, dengan perolehan nilai prosentase 62,5% (Skala 100). (3) Mobilisasi siswa kelas X SMA MTA di Kelurahan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta dalam bencana banjir dalam katagori cukup, dengan perolehan nilai prosentase 53,10% (Skala 100).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Mobilisasi dan Bencana Banjir
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 11:47
Last Modified: 01 Nov 2021 02:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26538

Actions (login required)

View Item View Item