Penatalaksanaan Terapi Latihan pada Kondisi Pasca Operasi Total Knee Replacemant Sinistra ii RSAL. Ramelan Surabaya

Wijanto, Eko and , Dwi Rosella K, S.St FT., M.Fis (2013) Penatalaksanaan Terapi Latihan pada Kondisi Pasca Operasi Total Knee Replacemant Sinistra ii RSAL. Ramelan Surabaya. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (640kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH__PUBLIKASI.pdf

Download (225kB)

Abstract

Latar Belakang : Operasi penggantian sendi lutut yang disebut (Total Knee Replacement atau TKR) adalah operasi ortopedik yang cukup rumit, tetapi semakin banyak dilakukan. Penderita yang mengalami kerusakan pada tulang sendi (seperti osteoarthtritis) kini dapat diatasi dengan Total Knee Replacement. Bahkan sejak tahun 2000, salah satu rumah-sakit di Indonesia, telah melakukan operasi Total Knee Replacement terbanyak di kawasan Asia Tenggara. Perbandingan lutut sebelum dioperasi dengan lutut sesudah dioperasi Total knee replacement biasanya dilakukan pada penderita osteoarthritis berat. Sebagian besar pasien yang mendapatkan lutut artifisial berusia di atas 50 tahun, tetapi bukan tidak mungkin ada penderita yang usianya lebih muda karena mengalami kasus khusus. Tujuan : untuk mengetahui pelaksanaan fisioterapi dalam pengurangan nyeri, meningkatkan kekuatan otot, menambah lingkup gerak sendi dan mengurangi spasme dengan menggunakan modalitas terapi latihan seperti straching exercise, active resisted exercise, resisted active movement dengan quadriceps bench dan hold rilex. Hasil : setelah dilakuka terapi selama enam kali didapatkan hasil adanya pengurangan nyeri gerak dan nyeri tekan, sedangkan nyeri diam tetap, lingkup gerak sendi belum ada perubahan, kekuatan otot fleksor hip semakin meningkat, ekstensor hip meningkat, fleksor knee juga meningkat. Kesimpulan : Dengan modalitas terapi latihan pada kondisi Pasca Total Knee Replacement Sinistra dapat mengurangi rasa nyeri, meningkatkan kekuatan otot, menambah lingkup gerak sendi dan mengurangi spasme.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pasca Total Knee Replacemant Sinistra, streching exercise, active resisted exercise, resisted active movement dengan quadriceps bench dan hold rilex.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 24 Oct 2013 12:23
Last Modified: 02 Nov 2021 16:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26515

Actions (login required)

View Item View Item