Pengelolaan Media Pembelajaran Di SMP Negeri 1 Musuk Kabupaten Boyolali

Raharjo, Margono Joko and , Dr. Eko Supriyanto, SH., M.Hum. (2013) Pengelolaan Media Pembelajaran Di SMP Negeri 1 Musuk Kabupaten Boyolali. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (275kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan : (1) Bagaimana karakteristik kemampuan guru SMP Negeri 1 Musuk dalam mengelola Media Pembelajaran, (2) Bagaimana karakteristik strategi atau cara meningkatkan kemampuan guru SMP Negeri 1 Musuk dalam mengelola media pembelajaran dan (3) Bagaimana karakteristik model pengelolaan media pembelajaran di SMP Negeri 1 Musuk. Berdasarkan pada fokus permasalahan, penelitian ini menggunakan kualitatif atau naturalistik. Strategi penelitian yang digunakan oleh situasi dimana perilaku itu berlangsung, bersifat keunikan, dan settingnya apa adanya. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Musuk Boyolali, Pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Pengumpulan data-data dilakukan dengan cara mencatat hasil wawancara, mendokumentasikan dan mencatat hasil pengamatan sebagai catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan prinsip efektifitas waktu dan observasi intensif, triangulasi sumber, metoda, pembahasan teman sejawat Temuan penelitian meliputi 3 (tiga) hal, yaitu : (1) diskripsi karakteristik kemampuan guru dalam mengelola media pembelajaran. Guru disekolah ini sebagian besar sudah mampu menciptakan, memanfaatkan media pembelajaran namun sebagian guru masih sekedar mampu merencanakan atau masih sekedar menuliskan di RPP. (2) diskripsi karakteristik strategi meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, Sekolah ini sudah melaksanakan IHT media pembelajaran, replikasi BTL 3 tentang media pembelajaran, dan KS disekolah ini sering mengadakan pembinaan terkait media pembelajaran dan meningkatkan MGMP sekolah. (3) karakteristik model pengelolaan media pembelajaran. Guruguru disekolah ini sudah memiliki kemampuan yang cukup tentang media pembelajaran, sudah mampu membuat dan menggunakan media pembelajaran sesuai materi yang disajikan namun baru sekitar 10% guru yang mau menggunakan media dengan baik dan mengikuti model tertentu sehingga model pengelolaannya masih sangat tergantung pada kebutuhan mata pelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, media pembelajaran, kemampuan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2013 07:25
Last Modified: 26 Oct 2021 03:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26500

Actions (login required)

View Item View Item