Pengaruh Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Rasa Percaya Diri Pada Anak Di TK Pertiwi Karanganyar 2 Plupuh Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013

Sari, Desi Retno and , Drs. Haryono Yuwono, SE. and , Wili Astuti, S.Pd., M.Hum. (2013) Pengaruh Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Rasa Percaya Diri Pada Anak Di TK Pertiwi Karanganyar 2 Plupuh Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (205kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran bermain peran terhadap rasa percaya diri siswa kelompok B di TK Pertiwi Karanganyar 2 Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design, yaitu penggunaan pretest sebelum diberi perlakuan dan pengukuran rasa percaya diri pada posttest (setelah perlakuan). Subjek dalam penelitian ini adalah anak–anak TK kelompok B pada TK Pertiwi Karanganyar 2 Plupuh Sragen tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 22 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji beda t test. Pengerjaan menggunakan program komputer SPSS for Windows versi 15.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari pembelajaran bermain peran terhadap rasa percaya diri pada anak kelompok B di TK Pertiwi Karanganyar 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung>ttabel yaitu 14,642 > 2,080 diterima pada taraf signifikansi 5%. Artinya terdapat perbedaan rasa percaya diri anak sebelum dan sesudah pembelajaran bermain peran. Nilai rata-rata rasa percaya diri anak setelah eksperimen mencapai 35,364, lebih tinggi dibandingkan sebelum eksperimen yang hanya mencapai 27,136. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran bermain peran berpengaruh positif terhadap peningkatan rasa percaya diri pada anak TK.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rasa Percaya Diri, Bermain Peran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2013 13:02
Last Modified: 25 Oct 2021 06:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26490

Actions (login required)

View Item View Item