Dampak Pendidikan Mitigasi Bencana Banjir Terhadap Minat Belajar Siswa SMP Negeri 1 Grogol Kabupaten Sukoharjo

Pradani, Riandita Kusuma and , M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P. (2013) Dampak Pendidikan Mitigasi Bencana Banjir Terhadap Minat Belajar Siswa SMP Negeri 1 Grogol Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (308kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (242kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (447kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan kebencanaan dapat dilakukan melalui pendidikan formal dan informal. Melalui pendidikan informal masyarakat dapat melakukan diskusi membentuk Forum Mitigasi Bencana. Sekolah sebagai institusi pendidikan formal memfasilitasi masyarakat dalam mengurangi risiko bencana melalui kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak pendidikan mitigasi bencana banjir dalam meningkatkan pemahaman siswa setelah mengikuti pendidikan mitigasi bencana dan mengetahui dampak pendidikan mitigasi bencana banjir dalam meningkatkan minat belajar siswa SMP N 1 Grogol. Analisis data penelitian ini dilakukan melalu uji secara kuantitatif dengan menggunakan metode statistik. Alat analisis yang digunakan adalah uji statistik non-parametrik Mann-Whitney. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatkan pemahaman siswa setelah mengikuti pendidikan mitigasi bencana banjir (p < 0,05) sehingga H1 diterima. Tidak terdapat peningkatan minat belajar setelah mengikuti pendidikan mitigasi bencana banjir (p > 0,05) maka H2 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi sekolah untuk melakukan pendidikan mitigasi bencana banjir secara berkala bagi setiap siswa, sehingga pemahaman yang baik tentang mitigasi bencana banjir dapat berpengaruh terhadap perilaku dalam kehidupan untuk mencegah terjadinya bencana banjir.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan mitigasi, bencana, minat
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2013 12:27
Last Modified: 31 Oct 2021 08:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26488

Actions (login required)

View Item View Item