Mubin, Fathul and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan, S.H, M.Pd and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R ( Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas V SD Negeri Karangdawa Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (557kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (70kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (72kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (628kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA melalui strategi pembelajaran PQ4R pada siswa kelas V SD Negeri Karangdawa Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Karangdawa yang berjumlah 43 siswa, sedangkan guru sebagai subjek pelaku tindakan. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi,wawancara, tes, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar yang berdampak pula pada peningkatan hasil belajar. Pada pra siklus motivasi belajarnya dimana motivasi siswa hanya mencapai 44,34%, dengan rincian sebagai berikut: Keaktifan bertanya 45,05%, keberanian dalam mengungkapkan pedapat 38,14%, penerimaan terhadap pelajaran 42,79%, kesenangan belajar secara mandiri 47,44%, Keuletan dalam belajar 43,72%, Tanggung jawab dalam mengarjakan tugas 47,90%. Dengan hasil belajar mencapai 32,55%. Pada akhir siklus I sudah mengalami banyak peningkatan yaitu dengan rincian sebagai berkut: Keaktifan bertanya 60,46%, keberanian dalam mengungkapkan pedapat 50,69%, penerimaan terhadap pelajaran 53,48%, kesenangan belajar secara mandiri 61,39%, Keuletan dalam belajar 59,06%, Tanggung jawab dalam mengarjakan tugas 65,11%, dengan hasil belajar 58,14%. Pada akhir siklus II Keaktifan bertanya 76,28%, keberanian dalam mengungkapkan pedapat 75,35%, penerimaan terhadap pelajaran 76,74%, kesenangan belajar secara mandiri 80%, Keuletan dalam belajar 77,20%, Tanggung jawab dalam mengarjakan tugas 83,72% dengan hasil belajar 83,72% Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Penerapan strategi pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas V SDN Karangdawa Kec. Warungpring Kab. Pemalang. (2) Penerapan strategi pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Karangdawa Kec. Warungpring Kab. Pemalang.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar dan PQ4R |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 14 Oct 2013 07:38 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 10:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26484 |
Actions (login required)
View Item |