Peningkatan Kreativitas Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran “Creative Problem Solving” Dengan Media Video Compact Disk (PTK Pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Surakarta I)

Pamungkas, Tri Laksono Adi and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2013) Peningkatan Kreativitas Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran “Creative Problem Solving” Dengan Media Video Compact Disk (PTK Pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Surakarta I). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (852kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Creatif Problem Solving media video compact disk. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru yang memberikan tindakan kelas dan penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA MTs Negeri Surakarta I yang berjumlah 35. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreatifitas dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penemuan dari penelitian menunjukkan: 1) siswa yang mampu menyampaikan ide, gagasan, dan pertanyaan lain untuk solusi permasalahan yang ada 74,28%; 2) siswa yang berani untuk menemukan solusi baru 65,71%; 3) siswa yang mampumengidentifikasi unsurunsur yang diketahui, ditanyakan 77,14%; 4) siswa yang mampu merumuskan masalah matematika matematika 71,42%; 5) siswa yang mampu menerapkan strategi untuk menyelesaikan berbagai masalah 68,57%; 6) siswa yang mampu menjelaskan hasil permasalahan 68,57%. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan model Creative Problem Solving media VCD dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kreatifitas dan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreatifitas, Creative Problem Solving, VCD, kemampuan, pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2013 07:06
Last Modified: 02 Nov 2021 23:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26471

Actions (login required)

View Item View Item