Identifikasi Adverse Drug Reactions Penggunaan Obat Antidiabetes Pada Penderita Diabetes Mellitus Di Instalasi Rawat Inap RSUD Dr. Moewardi Periode Februari-April 2013

Putra, Okha Ferdiyan and , Dr. dr. EM Sutrisna, M. Kes and , Tanti Azizah Sujono, M.Sc., Apt (2013) Identifikasi Adverse Drug Reactions Penggunaan Obat Antidiabetes Pada Penderita Diabetes Mellitus Di Instalasi Rawat Inap RSUD Dr. Moewardi Periode Februari-April 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (605kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (257kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)

Abstract

Salah satu penanganan penderita diabetes mellitus (DM) adalah dengan pemberian obat. Salah satu masalah akibat penggunaan obat adalah reaksi obat yang tidak dikehendaki (adverse drug reactions). Peningkatan 3%-12% jumlah pasien rawat inap dan peningkatan 5%-10% biaya perawatan di Negara barat terjadi akibat ADR obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa persentase kejadian ADR, obat antidiabetes yang menyebabkan timbulnya ADR dan manifestasi yang ditimbulkan akibat ADR. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Penelitian bersifat observasional untuk memperoleh data secara prospektif data primer dan alat bantu kuisioner menggunkan Algoritme naranjo untuk menilai derajat kepastian ADR. Setelah dilakukan penelitian terkait dengan ADR yang ditimbulkan akibat pemakaian antidiabetes didapatkan 27 sampel responden. Sejumlah 5 subyek (18,51%) penelitian melaporkan telah mengalami kejadian ADR. Sebanyak 1 subyek (3,70%) penelitian diidentifikasikan mengalami kejadian ADR dengan derajat kepastian probable (besar kemungkinan), 2 subyek (7,40%) penelitian dengan derajat kepastian possible (mungkin) dan 2 subyek (7,40%) penelitian dengan derajat kepastian doubtful (meragukan). Manifestasi klinik yang ditimbulkan diantaranya mual, muntah, kesemutan dan lemas. Obat antidiabetes yang diduga menjadi timbulnya ADR adalah metformin, glibenklamid, dan insulin.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: diabetes mellitus, antidiabetes, adverse drug reactions, algoritme Naranjo
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2013 11:51
Last Modified: 21 Oct 2021 04:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26466

Actions (login required)

View Item View Item