PENGARUH FEAR APPEALS, ENDOSER DAN JINGLE DALAM IKLAN YAMAHA MIO DI TELEVISI VERSI TESSA KAUNANG TERHADAP RESPON KONSUMEN (Study Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta)

WICAKSONO, FREDY AJI (2008) PENGARUH FEAR APPEALS, ENDOSER DAN JINGLE DALAM IKLAN YAMAHA MIO DI TELEVISI VERSI TESSA KAUNANG TERHADAP RESPON KONSUMEN (Study Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100040255.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img]
Preview
PDF
B100040255.pdf

Download (198kB)

Abstract

Upaya sebuah produsen dalam menarik target market memang sangat beragam. Hal ini dapat dilihat pada sebuah iklan YAMAHA MIO yang didalamnya memuat beberapa factor tersebut. Dalam iklan tersebut terdapat beberapa factor seperti untuk “mempengaruhi” konsumen seperti Fear appeals (pemanfaatan rasa takut), Endoser (pendukung yang digunakan dalam iklan) dan Jingle (merupakan musik pengiring ) yang diharapkan dapat memberikan kesan yang berbeda terhadap produk tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah fear appeals, endoser dan jingle pada iklan YAMAHA MIO di televisi versi Tessa Kaunang tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap respon konsumen dalam hal ini mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 orang. Kuesioner yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan interval 1-5. Alat uji yang dipergunakan adalah uji validitas menggunakan korelasi product moment pearson dan uji reliabilitas menggunakan AlphaCronbach yang merupakan uji instrumen penelitian. Sedangkan analisis data menggunakan regresi linear berganda. Data diolah dengan menggunakan program SPSS 10.0 for windows. Hasil uji t untuk variabel Fear appeals (pemanfaatan rasa takut) diperoleh nilai thit sebesar 2,526> dari ttabel 1,960 maka H0 ditolak pada taraf signifikansi 0,05, berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Fear appeals (X1) terhadap respon consumen. Hasil uji t untuk variabel Endoser (pendukung yang digunakan dalam iklan) diperoleh nilai thit sebesar 2,785 > dari ttabel 1,960 maka H0 ditolak, berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Endoser (X2) terhadap respon konsumen. Hasil uji t untuk variabel Jingle (musik dalam iklan) diperoleh nilai thit sebesar 1,220 < dari ttabel 1,960 maka H0 diterima, berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Jingle (X3) terhadap respon konsumen. Berdasarkan hasil analisis uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 21,741 (21,741 > 2,84) dengan probabilitas sebesar 0,000 (P < 0,05), hal ini berarti variabel fear appeals, endoser dan jingle secara bersama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap respon konsumen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: fear appeals, endoser dan jingle dan respon konsumen
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 15 Jun 2009 03:21
Last Modified: 24 Dec 2010 03:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2646

Actions (login required)

View Item View Item