Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Media Pembelajaran Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014

Sugiyati, Sugiyati and , Drs. H. Djumali, M.Pd. (2013) Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Media Pembelajaran Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (929kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (183kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (894kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh kemandirian belajar terhadap kreativitas belajar, 2) Pengaruh media pembelajaran terhadap kreativitas belajar, 3) Pengaruh kemandirian belajar dan media pembelajaran terhadap kreativitas belajar.Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang kesimpulannnya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 185 siswa dengan sampel 121 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya angket telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi: Y = 14,692+0,221X1+0,350X2 yang artinya kreativitas belajar dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan media pembelajaran. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar pada siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,427 > 1,980 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,017. 2) Media Pembelajaran berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar pada siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,834 > 1,980 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 3) Kemandirian belajar dan media pembelajaran berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar pada siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 11,860 > 3,073 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 31,1% dan sumbangan efektif sebesar 5,2%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 68,9% dan sumbangan efektif sebesar 11,5%. 5) Hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh 0,167, berarti 16,7% kreativitas belajar dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan media pembelajarn, sisanya sebesar 83,3% dipengaruhi variabel di luar penelitian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Belajar, Kemandirian Belajar, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2013 11:37
Last Modified: 29 Oct 2021 05:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26421

Actions (login required)

View Item View Item