Sugiyati, Sugiyati and , Drs. H. Djumali, M.Pd. (2013) Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Media Pembelajaran Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (929kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (183kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (894kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh kemandirian belajar terhadap kreativitas belajar, 2) Pengaruh media pembelajaran terhadap kreativitas belajar, 3) Pengaruh kemandirian belajar dan media pembelajaran terhadap kreativitas belajar.Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang kesimpulannnya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 185 siswa dengan sampel 121 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya angket telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi: Y = 14,692+0,221X1+0,350X2 yang artinya kreativitas belajar dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan media pembelajaran. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar pada siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,427 > 1,980 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,017. 2) Media Pembelajaran berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar pada siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,834 > 1,980 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 3) Kemandirian belajar dan media pembelajaran berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar pada siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 11,860 > 3,073 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 31,1% dan sumbangan efektif sebesar 5,2%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 68,9% dan sumbangan efektif sebesar 11,5%. 5) Hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh 0,167, berarti 16,7% kreativitas belajar dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan media pembelajarn, sisanya sebesar 83,3% dipengaruhi variabel di luar penelitian.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Belajar, Kemandirian Belajar, Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 01 Oct 2013 11:37 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 05:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26421 |
Actions (login required)
View Item |