Pengelolaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negeri Banyuyoso Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo

Sugiyono, Sugiyono and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum and , Dr. Agus Wijayanto (2013) Pengelolaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negeri Banyuyoso Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (152kB)
[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_COVER.pdf

Download (646kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada 3 yaitu (1) Perencanaan pen didikan karakter di SD Negeri Banyuyoso Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo, (2) Pelaksanaan pendidikan karakter di SD Negeri Banyuyoso Kecamatan Grabag Kabu paten Purworejo, (3) Evaluasi pendidikan karakter di SD Negeri Banyuyoso Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo .Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat subyek penelitian secara langsung tentang Pengelolaan Pendidikan Karakter Dalasm Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar negeri Banyuyoso melalui informan, dokumen murni, dan peristiwa. Teknik pengumpulan data menggunakan obser vasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah, (1) Perencanaan pendidikan karakter selalu didahului dengan penyusunan silabus , (2) dalam ciri-ciri aktivitas mengajar guru pendidikan karakter tidak lepas dari kemampuan guru dalam mengerjakan aspek-aspek administrasi. Aspek-aspek tersebut meliputi pembuatan silabus, program taunan, program semester serta RPP yang diintegrasikan dengan nilai-nilai karakter bangsa, (3) aktivitas siswa dalam pendidikan karakter sesuai dengan ketentuan yang berlaku mencakup pembatasan seragam sisiwa, rambut, kuku, tato, dan make up masuk dan pulang sekolah, kegiatan mengikuti upacara, kegiatan meliputi pembelajaran di sekolah, pengelolaan waktu istirahat aktivitas pada kantin kejujuran, aktivitas memelihara lingkungan dan keberhasilan kelas, serta kegiatan keagamaan dan sosial. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan kepala sekolah, guru, siswa supaya meningkatkan dan mengembangkan karakter sehingga menjadi The Role of Model pendidikn karakter.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan pendidikan karakter, setting sekolah, aktivitas guru dan aktivitas siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2013 07:12
Last Modified: 22 Oct 2021 03:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26387

Actions (login required)

View Item View Item