susilo, Slamet and , Dr.Samino,M.Pd and , Dr.ArI Anshori, M.Ag (2013) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (780kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (310kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
||
|
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Download (253kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (333kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Sekolah dinilai kadangkala gagal dalam membina religiusitas siswa di sekolah, akibatnya banyak siswa mencontek, tawuran, kenakalan remaja. Semua itu terjadi karena ketidakberhasilan dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam (PAI) di sekolah. PAI sering dijadikan kambing hitam dan dituding sebagai pihak yang paling bertanggungjawab dalam permasalahan ini. Salah satu upaya yang dilakukan guru PAI di SMA Negeri 3 Yogyakarta adalah dengan cara meningkatkan religiusitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta, dukungan dan kendala yang dihadapi. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research yang berlokasi di SMA Negeri 3 Yogyakarta sebagai kancah studi kasus. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatit yang bersifat naratif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis data, dengan langkah-langkah: reduksi data, display data, pengambilan keputusan dan verifikasi data. Hasil dari penelitian menunjukan : (1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta antara lain: Meningkatkan profesionalisme guru PAI. Meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di kelas. Mengembangkan pembelajaran PAI melalui kegiatan keagamaan. Membentuk seksi kerohanian Islam (rohis). Membangun komitmen warga sekolah. Penciptaan budaya religius di sekolah. Membangun kerjasama dengan masyarakat. Melibatkan peran serta alumni. Membangun kesadaran siswa. Pemondokan siswa di pesantren. Mengundang rohis sekolah lain untuk diajak diskusi dan tukar pengalaman (Rohis gathering). Studi banding rohis. (2) Dukungan dalam peningkatan religiusitas siswa datang dari kepala sekolah, guru, siswa, orang tua siswa, alumni, masyarakat. (3) kendala yang dihadapi berupa faktor intern antara lain: padatnya kegiatan siswa, terbatasnya alokasi pembelajaran PAI yakni 2 jam pelajaran per minggu, ukuran masjid yang kecil, adanya beberapa guru yang terkesan acuh dengan kegiatan keagamaan. Faktor ekstern seperti: pengaruh lingkungan siswa dan pengaruh negatif perkembangan
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kendala; PAI; pembelajaran; pendukung; Religiusitas; Strategi; |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 30 Sep 2013 08:55 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 03:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26381 |
Actions (login required)
View Item |