M., RAHMAWATI and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Phil. Dewi Candraningrum, M.Ed. (2013) Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Inggris Bersertifikat Pendidik Di PGRI Kabupaten Kolaka. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (604kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (897kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (231kB) |
|
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Download (520kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (358kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas dan mendeskripsikan 1)Karakteristik kompetensi pedagogik guru bahasa Inggris bersertifikat pendidik dalam mengembangkan potensi siswa, 2)Karakteristik kompetensi pedagogik guru bahasa Inggris bersertifikat pendidik dalam pengembangan kurikulum dalam pembelajaran, 3) Karakteristik kompetensi pedagogik guru bahasa Inggris bersertifikat pendidik dalam pengembangan strategi pembelajaran, dan 4) Karakteristik kompetensi pedagogi kguru bahasa Inggris bersertifikat pendidikdalam pengembangan evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran di PGRI Kabupaten Kolaka. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan naturalistik untuk mencari dan mengetahui pemahaman fenomena latar belakang tertentu. Lokasi penelitian adalah di PGRI Kabupaten Kolaka, dengan informan adalah kepala sekolah, guru, dan siswa.Teknik pengumpulandatadenganobservasi, wawancara dan mempelajari dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, display, dan kesimpulan gambar. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian mencakup empat aspek: (1) pengembangan potensi peserta didik ditunjukkan dalam bidang akademik dannon akademik .Setiap guru dapat menguasai karakteristik siswa, baik secara fisik, moral, kultural, emosional maupun intelektual. Di samping itu, guru merancang dan melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan beberapa metode, (2) pengembangan Kurikulum dalam pembelajaran bahasa Inggris menggunakan TIK sebagai media pembelajaran, senantiasa mengikuti forum musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), diwajibkan membuat perangkat pembelajaran berdasarkan silabus, dan melaksanakan pembelajaran secara berurutan, (3) pengembangan strategi Pembelajaran dilakukan dengan melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran, menggunakan media pendukung pembelajaran, seperti LCD proyektor, komputer, radio, dll, berkomuni kasi harmonis dengansiswa, sesama pendidik, orang tua siswa, dll, menerapkan pengajaran berdasarkan kurikulum dan mengaitkannya dalam kehidupan siswa sehari-hari, serta menggunakan metode mengajar yang bervariasi. (4) pengembangan evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran dilakukan secara terpadu oleh guru dalampre-test, proses pembelajaran, dan post-test. Bagi siswa yang belum mencapai target, guru memberi mereka kesempatan untuk mengikuti remedy. Guru selalu mengikuti kegiatan seminar danworksop, juga senantiasa memanfaatkan masukan dari siswa untuk direfleksikan dalam pembelajaran selanjutnya.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi, pedagogik, guru, sertifikasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 30 Sep 2013 05:57 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26376 |
Actions (login required)
View Item |