Metode Penanaman Nilai‐Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Perilaku Keagamaan Siswa Di Sekolah Dasar Islam Al‐Azhar 28 Solo Baru Sukoharjo

Mulyadi, Mulyadi and -, Dr.Syamsul Hidayat, M.Ag and , Dr.Imron Rosyadi (2013) Metode Penanaman Nilai‐Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Perilaku Keagamaan Siswa Di Sekolah Dasar Islam Al‐Azhar 28 Solo Baru Sukoharjo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (812kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (662kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (207kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)

Abstract

MULYADI. NIM O 100 110 010. Metode Penanaman Nilai‐Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Perilaku Keagamaan Siswa di SD Islam Al Azhar 28 Solo Baru sukoharjo. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2013. Metode Penanaman nilai‐nilai agama Islam di SD Islam Al Azhar 28 Solo Baru Sukoharjo dalam membentuk perilaku keagamaan siswa. Hal itu menarik peneliti untuk mengangkat permasalahan “metode apa yang digunakan dalam menanamkan nilai‐nilai agama Islam di SD Islam Al Azhar 28 Solo Baru Sukoharjo, serta faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai‐nilai agama Islam terhadap perilaku keagamaan siswa di Sekolah Dasar Islam Al‐azhar 28 Solo Baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang dipakai dalam menanamkan nilai‐nilai agama Islam serta faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat penanaman nilai‐nilai agama Islam dalam pembentukan perilaku keagamaan siswa di SD Islam Al Azhar 28 Solo Baru Sukoharjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan. Untuk memperoleh data penelitian ini digunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode induktif yang bersifat prospektif dianalisis secara deskriptif kualitatif (berupa kata‐kata tertulis dari orang dan perilaku yang diamati) yang terdiri dari tiga bagian yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah metode penanaman nilai‐nilai agama Islam dalam pembentukan perilaku keagamaan siswa di Sekolah Dasar Islam Al‐Azhar 28 Solo Baru Sukoharjo adalah melalui ; (1) Budaya sekolah merupakan kegiatan pembiasaan yang dilakukan di dalam lingkungan sekolah yang menanamkan nilainilai Islam dan bersumber dari Al‐Qur’an dan Hadits. Pelaksanaannya dengan ajakan dan pembiasaan, proses penyadaran emosi, serta proses pendisiplinan atau penegakan aturan bagi murid yang melanggar; (2) Kegiatan Belajar Mengajar merupakan proses penanaman perilaku keagamaan anak yang berbasis pada nilainilai Islam, guru selalu mengaitkan materi pembelajaran dengan nilai‐nilai Islam dan memberikan nasehat, arahan, petuah, dan petunjuk supaya murid terbiasa berperilaku baik sesuai dengan nilai‐nilai Islam, yang dilakukan sebelum atau sesudah menyampaikan materi atau di sela‐sela penyampaian materi; (3) Pelibatan Orang Tua Murid. (4) Slogan/tulisan‐tulisan yang dipajang pada setiap sudut sekolah

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Penanaman Nilai‐Nilai Agama Islam, SD Islam Al Azhar 28 Solo Baru Sukoharjo, Perilaku Keagamaan Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2013 16:27
Last Modified: 25 Oct 2021 02:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26375

Actions (login required)

View Item View Item