Sugiarto, Sugiarto and , Dr. Samino, M.M. and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2013) Profil Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Berbasis Penilaian Kinerja (Studi Situs SMP Negeri 1 Cawas Klaten). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Sugiarto.pdf Download (176kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_Sugiarto.pdf Download (435kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_Sugiarto.pdf Download (297kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_Sugiarto.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_Sugiarto.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_Sugiarto.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_Sugiarto.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI_Sugiarto.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_Sugiarto.pdf Download (283kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Sugiarto.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ada dua: 1) Karakteristik profil kompetensi pedagogik guru dalam pengembangan kurikulum di SMP Negeri 1 Cawas, 2) Karakteristik profil pengembangan kompetensi pedagogik guru dalam kegiatan pembelajaran yang mendidik di SMP Negeri 1 Cawas. Jenis penelitian adalah kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru serta komite sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian yaitu : 1) Karakteristik profil kompetensi pedagogik guru dalam pengembangan kurikulum di SMP Negeri 1 Cawas dilaksanakan melalui berbagai kegiatan, misalnya pendidikan dan pelatihan, workshop, dan bimbingan teknis; 2) Karakteristik profil pengembangan kompetensi pedagogik guru dalam kegiatan pembelajaran yang mendidik di SMP Negeri 1 Cawas dilaksanakan oleh guru melalui pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center learning) Dari kesimpulan tersebut, peneliti menawarkan program pengembangan kompetensi pedagogik berupa mengaktifkan kegiatan MGMP Sekolah pada semua mata pelajaran dan menyelenggarakan in house training untuk menjembatani kompetensi pedagogik pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan tahapan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi pembelajaran yang dikembangkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran, dan kenyataannya di lokasi penelitian masih pasif, dan perlu diaktifkan secara maksimal, karena daya dukungnya menunjang dan memadai, baik dari segi sumber daya guru, alokasi dana, sarana prasarana, dan daya dukung komite sekolah
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi pedagogik, pengembangan kurikulum, pengembangan pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 27 Sep 2013 11:35 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 06:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26367 |
Actions (login required)
View Item |