Pengembangan Sarana Prasarana Di SMP Negeri 1 Pedan Klaten

Bawono, Suharjo (2013) Pengembangan Sarana Prasarana Di SMP Negeri 1 Pedan Klaten. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_-_SUHARJO_BAWONO.pdf

Download (999kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I__SUHARJO_BAWONO.pdf

Download (196kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II__SUHARJO_BAWONO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III__SUHARJO_BAWONO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV__SUHARJO_BAWONO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V__SUHARJO_BAWONO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] PDF (BAB VI)
BAB_VI__SUHARJO_BAWONO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka_Suharjo_Bawono.pdf

Download (329kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_-_Suharjo_Bawono.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_-_Suharjo_Bawono.pdf

Download (437kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan tentang : 1) pengembangan pengadaan sarana prasarana; 2) pengembangan penggunaan sarana prasarana, dan 3) pengembangan perawatan sarana prasarana. Jenis penelitian adalah kualitatif. Pendekatan penelitian fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan trianggulasi. asil penelitian yaitu : 1) Pengembangan pengadaan sarana prasarana di SMP Negeri 1 Pedan Klaten sekolah yang efektif adalah responsif terhadap perubahan program pengiriman pendidikan, dan minimal harus menyediakan lingkungan fisik yang nyaman, aman, aman, mudah diakses, penambahan sepuluh unit komputer untuk laboratorium komputer, delapan unit untuk laboratorium bahasa, satu unit untuk administrasi, dan sebagainya; 2) Pemeliharaan merupakan kegiatan penjagaan atau pencegahan dari kerusakan suatu barang, sehingga barang tersebut kondisinya baik dan siap digunakan. Pemeliharaan dimulai dari pemakaian barang, yaitu dengan cara hati-hati dalam menggunakannya, termasuk membersihkan semua alat dan media pembelajaran dan perkantoran; 3) Pemeliharaan yang bersifat khusus harus dilakukan oleh petugas yang mempunyai keahlian sesuai dengan jenis barang yang ada, pengembangan pemeliharaan sarana prasarana sekolah dapat ditegaskan dengan model kerjasama internal dan eksternal. Secara internal, mengoptimalkan kinerja warga sekolah, dan secara eksternal meaksimalkan stakeholders, khususnya orangtua atau wali siswa, komite sekolah, dunia usaha, dan pemerintah, termasuk back up data yang semula satu bulan sekali dilaksanakan satu minggu sekali.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, sarana, prasarana
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2013 10:29
Last Modified: 27 Sep 2013 10:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26364

Actions (login required)

View Item View Item