Pengelolaan Program Pendidikan Anak Usia Dini Di TK Negeri Pembina Jatisrono

Karni, Karni and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd and , Dr. Sumardi, M.Si (2013) Pengelolaan Program Pendidikan Anak Usia Dini Di TK Negeri Pembina Jatisrono. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (587kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (327kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (329kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan perencanaan pengelolaan pendidikan di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Jatisrono, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pengelolaan pendidikan di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Jatisrono, dan (3) Mendeskripsikan penilaian pengelolaan pendidikan di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Jatisrono. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan desain penelitian ini adalah desain penelitian deskriptif kualtatif. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data serta informasi guna mendukung jalannya proses penelitian. Sumber data dalam penelitian adalah Kepala TK Negeri Pembina Jatisrono, guru, orang tua peserta didik dan komite TK. Data divalidasi dengan menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan program pendidikan di TK Negeri Pembina Jatisrono dilaksanakan dengan terencana dan matang. Setiap guru di TK Negeri Pembina Jatisrono harus mengetahui unsur-unsur perencanaan yang baik, antara lain mengidentifikasi kebutuhan peserta didik, tujuan yang akan dicapai, strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran, (2) Pelaksanaan dan pengembangan pengelolaan program di TK Negeri Pembina Jatisrono berhasil karena didukung beberapa faktor, yaitu: kurikulum yang jelas dan terarah dan menyesuaikan panduan dalam kurikulum yang ada di TK, interaksi antara guru dengan peserta didik sangat baik, guru mempunyai kompetensi yang memadai dan peserta didik mempunyai motivasi yang tinggi, (3) Penilaian sangat diperlukan untuk mengetahui perkembangan kemampuan peserta didik, baik kognitif, afektif dan psikomotorik.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Pendidikan Anak Usia Dini.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2013 13:40
Last Modified: 21 Oct 2021 06:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26356

Actions (login required)

View Item View Item