Pengelolaan Tata Tertib Siswa Berbasis Poin Pelanggaran (Studi Situs SMK Negeri 3 Pacitan)

Ashari, Amanudin and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2013) Pengelolaan Tata Tertib Siswa Berbasis Poin Pelanggaran (Studi Situs SMK Negeri 3 Pacitan). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_publikasi..pdf

Download (375kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab._I.pdf

Download (474kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab._II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab._III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] PDF (Bab VI)
Bab_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (457kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk : (1) Mendeskripsikan karakteristik organisasi penegakan tata tertib siswa berbasis poin pelanggaran di SMK Negeri 3 Pacitan. (2)Mendeskripsikan karakteristik aktivitas penegakan tata tertib siswa berbasis poin pelanggaran di SMK Negeri 3 Pacitan. Jenis Penelitian ini kualitatif dan menggunakan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Pacitan. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah guru, dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tertata dalam situs. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil penelitian menunjukkan 1). Dalam memaparkan organisasi penegakan tata tertib siswa di SMK Negeri 3 Pacitan menggunakan empat tahapan fungsi pengelolaan dalam organisasi yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Sasaran yang terukur yang merupakan tujuan dari penerapan tata tertib siswa di SMKN 3 Pacitan adalah menekan tingkat pelanggaran ketertiban diatas 15 point menjadi 5% per bulan. Mekanisme pengambilan tindakan dalam penegakan ketertiban di SMKN 3 Pacitan diatur dalam surat keputusan Kepala sekolah Nomor: 421.5/269.1/408.37.16.03/2011 tentang tata tertib Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Pacitan. Pengawasan terhadap jalannya tata tertib dilakukan secara terus menerus oleh kepala sekolah dan tim STP2K sehingga penegakan tata tertib akan berjalan semakin baik. 2). Aktifitas penegakan tata tertib siswa di SMK Negeri 3 Pacitan berkaitan dengan kegiatan sebagai berikut yaitu : a). Penyusuan tata tertib siswa. b). Sosialisasi tata tertib siswa c). pelaksanaan aktivitas penindakan atau pemberian poin bagi pelanggar tata tertib poin. d). Pencatatan poin pelanggaran .e) Pembinaan yang dilaksanakan oleh guru Bimbingan dan Konseling dan f). Evaluasi Tata Tertib Berbasis Poin Pelanggaran di SMK Negeri 3 Pacitan

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: tata tertib, pelanggaran, aktivitas
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 13:08
Last Modified: 21 Oct 2021 06:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26354

Actions (login required)

View Item View Item