Partini, Rus and , Prof. Dr. Bambang Setiaji and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Peran Kepala Sekolah Dalam Memajukan MTs (Studi Situs Di MTs Negeri Sragen). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
11_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
00_HAL_DEPAN.pdf Download (7MB) |
|
|
PDF (Bab I)
01_BAB_SATU.pdf Download (311kB) |
|
PDF (Bab II)
02_BAB_DUA.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
||
PDF (Bab III)
03_BAB_TIGA.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
||
PDF (Bab IV)
04_BAB_EMPATT.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
||
PDF (Bab V)
05_BAB_LIMA.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
||
PDF (Bab VI)
06_BAB_ENAM.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07_PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
|
PDF ( Lampiran)
08_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (25MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini ada tiga (1) mendiskripsikan peran kepala sekolah dalam memajukan MTs di MTsN Sragen (2) mendiskripsikan hambatan yang dihadapi dalam memajukan MTs di MTsN Sragen (3) mengetahui solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam memajukan MTs di MTsN Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian yang dipakai adalah fenomenologi. Peneliti mengambil lokasi penelitian di MTs Negeri Sragen. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Anaisis data menggunakan model analisis jalinan dengan teknik keabsahan data triangulasi sumber. Hasil penelitian ini ada tiga (1) Peran kepala sekolah dalam memajukan Mts antara lain peran sebagai pendidik, sebagai manajer dan sebagai administrator meliputi : mengelola kurikulum, mengelola administrasi peserta didik, mengelola sarana prasarana, mengelola administrasi keuangan. (2) Hambatan kepala sekolah dalam menjalankan perannya sebagai pendidik adalah beberapa guru terlambat, supervisi tidak dilakukan kesemua guru, hambatan dalam peran sebagai manajer adalah masih banyak guru yang enggan sekolah lagi, dijumpai peserta didik absen dalam ekstrakurikler, hambatan peran sebagai administrator dalam mengelola kurikulum adalah evaluasi RPP menjadi kesulitan bagi guru dan dijumpai guru yang belum menguasai ICT, hambatan dalam mengelola administrasi peserta didik adalah data administrasi peserta didik kurang jelas, penanganan peserta didik mengalami sedikit hambatan, hambatan dalam mengelola sarana dan prasarana meliputi kurangnya ruang kelas, aula dan LCD, hambatan mengelola keuangan adalah dana hanya berasal dari BOS, (3) Solusi yang diambil untuk mengatasi hambatan kepala sekolah dalam menjalankan perannya sebagai pendidik adalah sering memberikan pengertian dan pembinaan, supervisi dilakukan terhadap semua guru, melakukan study banding, solusi dalam perannya sebagai manajer adalah tidak bosan memberikan motivasi guru untuk melanjutkan studinya, memberikan teguran dan sangsi bagi peserta didik yang sering absen, solusi sebagai administrator dalam mengelola kurikulum adalah sebelum evaluasi RPP guru diberi tahu terlebih dulu, guru yang belum menguasai ICT mengikuti kursus, solusi mengelola administrasi peserta didik adalah pendataan secara rinci terhadap peserta didik dan diusahakan pertemuan rutin dengan orang tua peserta didik, solusi mengelola sarana dan prasarana adalah mengajukan proposal batuan kepada pemerintah, solusi mengelola keuangan berusaha mencari rekanan
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran, kepala sekolah, pengelolaan dan kemajuan MTs |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 26 Sep 2013 12:32 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 04:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26347 |
Actions (login required)
View Item |